Menapaki Jejak-jejak Bahasa Indonesia

Tri Harun Syafii
http://www.analisadaily.com/

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional merupakan bahasa pengantar yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah maupun di masyarakat. Bahkan Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran dasar yang cukup primer mulai dari pendidikan sekolah dasar sampai perguruan tinggi, yang memicu sebuah peradaban bagi Bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran di Indonesia. Mengapa demikian? Hampir semua mata pelajaran dikomunikasikan ke dalam Bahasa Indonesia. Pentingnya kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia mengisyaratkan adanya kompetensi guru di samping variabel-variabel lain. Dengan pemakaian bahasa Indonesia yang benar dan baik peserta didik diharapkan mampu dalam berbahasa serta memiliki penalaran yang dapat menyerap mata pelajaran lain dengan bahasa Indonesia.

Dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap guru harus ikut berkiprah secara sadar untuk membantu peserta didik dalam berbahasa Indonesia. Baik dalam ragam formal maupun informal yang nantinya memberikan sugesti yang positif dalam pembelajaran berbahasa.

Pemakaian Bahasa Indonesia sering tak sejalan dengan apa yang diharapkan. Misalnya dalam berinteraksi di kelas banyak guru tidak memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia. Penyebabnya karena kurangnya perhatian guru terhadap Bahasa Indonesia dan menganggap Bahasa Indonesia itu adalah bahasa rendahan. Para guru harusnya dituntut agar lebih meningkatkan pemakaian Bahasa Indonesia yang benar sesuai dengan kaidah kebahasaan. Bukan hanya itu saja, guru dan masyarakat Indonesia harusnya dapat menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia di masyarakat baik dalam situasi formal maupun situasi informal.

* * *

Oleh karena itu, fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara secara langsung memberikan penegasan bahwa Bahasa Indonesia akan mengikat seluruh komponen bangsa untuk dapat menggunakan bahasa Indonesia secara benar dan baik sesuai dengan ketatanannya. Karena dunia pendidikan juga merupakan cermin keragaman Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang berbudaya. Pembelajaran Bahasa indonesia di sekolah merupakan bentuk pengembangan Bahasa Indonesia di masyarakat.

Supaya pengembangan Bahasa Indonesia tidak terletak pada posisi batas yang sia-sia, diharapkan agar seluruh lapisan masyarakat memberikan sumbangan yang luar biasa. Baik dalam penerapannya maupun dalam pelestariannya di masyarakat berbudaya. Peran guru juga seharusnya menjadi pembimbing anak didik di sekolah dalam penggunaan bahasa Indonesia. Karena dunia pendidikan menjadi cermin utama dalam penggunaan Bahasa Indonesia. Bahasa juga dapat mempengaruhi perkembangan intelektual, emosional peserta didik. Karena bahasa mempunyai peran sentral dalam menunjang keberhasilan untuk dapat mempelajari segalam ragam bidang studi yang ada pada proses pembelajaran baik itu pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran di masyarakat.

* * *

Hal ini juga yang ditegaskan kepada para anak-anak muda dewasa ini untuk dapat menerapkan pemakaian Bahasa Indonesia yang sistematis dengan tidak mencampurkan bahasa gaul dan bahasa alay dalam susunan bahasa Indonesia sederhana. Sejatinya tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di bangku sekolah untuk mengembangkan peserta didik dalam keterampilan berbahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulisan. Pembelajara Bahasa Indonesia pula akan lebih bermakna apabila peserta didik memiliki kemampuan menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Tentunya keempat macam kemampuan ini menjadi suatu hal yang kompleks demi mencapai cita-cita yang diinginkan.

Jadi Bahasa Indonesia bukanlah merupakan hal yang harus ditakuti atau direndahkan. Karena sebenarnya Bahasa Indonesia sekarang mulai banyak diminati bukan hanya di teritorial Indonesia saja, melainkan pembelajaran Bahasa Indonesia mulai dilirik Negara lain karena pemakaian Bahasa Indonesia yang sederhana dan padat.

Misalnya saja tenaga guru Bahasa Indonesia mulai dicari-cari negeri: Malaysia, Fhilipina, Thailand, Australia maupun Amerika. Seharusnya menjadi suatu hal yang patut dibanggakan karena Bahasa Indonesia mulai memberikan jalan luar biasa terhadap para guru Bahasa Indonesia. Untuk itu berlombalah memberikan jejak-jejak sukses dari bahasa Indonesia.

Sudah sepantasnya Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang dijunjung di dunia. Walau banyak yang masih belum menyadari, Bahasa Indonesia banyak meninggalkan jejak bagi peradaban bangsa ini. Semua kembali kepada diri kita masing-masing. Adah baiknya saling introspeksi supaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam menapaki jejak-jejak bahasa Indonesia.

15 Apr 2012