Sastrawan Se-Indonesia Bertemu di Babel

http://oase.kompas.com/

Sebanyak 120 sastrawan se-Indonesia direncanakan menggelar pertemuan di Provinsi Bangka Belitung (Babel), membahas berbagai persoalan budaya dan sastra di negeri ini.

“Babel direncanakan jadi tuan rumah temu sastra Indonesia (TSI) yang akan digelar pada Juli 2009. Ini TSI kedua setelah sebelumnya digelar di Provinsi Jambi,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Yan Megawandi, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, pada acara itu antara lain akan hadir sastrawan terkenal di Indonesia seperti Sapardi Joko Damono, Budi Dharma, Jakob Sumarjo, Radar Panca Darma, dan Melani Budianta.

“Pertemuan sastrawan ini untuk menyongsong “Visit Babel Archie 2010″ sehingga dengan acara ini Babel banyak belajar dalam mengemas kegiatan yang berskala nasional,” ujarnya.

Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan TSI di antaranya adalah dialog sastra dan malam apresiasi sastra yang menampilkan sejumlah puisi, musikalisasi puisi, bazar buku dan wisata budaya.

“Kegiatan ini juga momentum penting bagi para pelajar dan generasi muda Babel untuk berdialog dengan para sastrawan terkenal tersebut untuk menambah ilmu pengetahuan tentang dunia sastra,” ujarnya.

Menurut dia, pihak panitia akan menyediakan waktu untuk berdialog antara para sastrawan itu dan para pelajar di Babel.

“Ini kesempatan bagi pelajar untuk bisa menambah ilmu pengetahuan dan momentum ini mesti dimanfaatkan dengan baik karena sangat sulit mengumpulkan ratusan sastrawan dalam sebuah kegiatan. Karena itu kegiatan ini harus dimanfaatkan untuk menambah wawasan,” ujarnya.

Ia mengatakan, Babel ditunjuk sebagai tuan rumah TSI karena dinilai mimiliki budaya yang masih tetap dilestarikan dan bertahan mengikuti kemajuan zaman.

“Babel adalah negeri berbudaya dan memiliki banyak kesenian dan kreatifitas budaya tradisional yang masih bertahan serta diwariskan secara turun-temurun,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *