Berbalut Komposisi Delapan Cinta

Benny Benke
http://suaramerdeka.com/

Apa yang terjadi jika dua penyair handal, yaitu Sitok Srengenge dan Nirwan Dewanto berkolaborasi dengan penyanyi tradisi Nyak Ina Raseuki (Ubiet) dan penata lagu Dian HP? Sebuah album bertajuk Komposisi 8 Cinta hasilnya. Demikianlah ketika empat puisi Sitok Srengenge, dan empat puisi Nirwan Dewanto akan dinyanyikan Ubiet dalam balutan musik hasil komposisi aranjer sekelas Dian HP.

Komposisi 8 Cinta, sebagaimana dikatakan Sitok di Jakarta, kemarin, penggarapan musiknya secara sepenuhnya dimatangkan oleh Dian HP. Meski demikian, dia melanjutkan, sebagai seorang penyair yang menuliskan lirik puisi tersebut, dirinya bersama Nirwan tetap memberikan masukan atas konsep musikal Dian HP. “Saya dan Nirwan (Dewanto) memberikan masukan tentang karakter dan akurasi teks,” katanya.

Selebihnya, Dian HP menyesuaikan musiknya dengan lirik milik Sitok dan Nirwan. Dan bukan sebaliknya, lirik yang mengikuti musik, sebagaimana yang terjadi pada gelaran musikalisasi puisi galibnya. Dengan demikian, pada pertunjukan “Komposisi 8 Cinta” yang akan digelar di teater Salihara, tanggal 14 Februari nanti, atau bertepatan dengan hari Kasih Sayang, musik akan tampil secara utuh. Dian HP sendiri, sepenceritaan Sitok, akan menghadirkan sajian lintas musik, dalam membungkus delapan puisi itu.

Dari warna klasik, pop, jazz, Rn’B, hingga blus sehingga melahirkan sebuah genre yang disebut art song. Keempat puisi Sitok-yang tentu saja bertema cinta- diambil dari berbagai kumpulan puisinya. Berjudul “Kau Angin”, “Menulis Cinta”, “Cinta Pertama”, dan “Penghujung Musik Penghujan”. Masing-masing puisi yang telah diperkaya dengan rasukan lagu, masing-masing akan berdurasi 4-6 menit.

Sedangkan secara teknis pemanggungan, Ubiet akan menjadi narator sekaligus penyanyi di atas panggung. Sedangkan Sitok dan Nirwan, hanya akan sekali membacakan puisi mereka. Masing-masing di tengah dan penghujung pertunjukan. Album Komposisi 8 Cinta telah dimatangkan selama tiga bulan lebih, dan menurut rencana akan dikopi sebanyak 5000 keping cakram padat.

Sitok menambahkan, album Komposisi 8 Cinta merupakan kelanjutan dari proyek eksprerimen Dian HP dan Ubiet, ketika pada 2008 lalu, berhasil menggarap proyek Keroncong Tenggara. Para proyek Keroncong Tenggara, 5 karya klasik keroncong dibawakan dan diinterpretasikan ulang dalam nuansa musik kekinian. Sedangkan 3 lagu lain, berangkat dari lirik puisi karya Chairil Anwar (Senja di Pelabuhan Kecil), Nirwan Dewanto dan Sitok Srengenge.

07 Februari 2011