“Bibir” Samantha

Benny Benke
http://suaramerdeka.com/

Terinspirasi dari karya sastra dalam bentuk cerpen karya sastrawan Hamsad Rangkuti, sebuah singgel hit berhasil diunduh lebih dari dua juta. Demikianlah yang terjadi dengan singgel berjudul “Bibir” milik grup band perempuan Samantha.

Singgel “Bibir”, sebagaimana dikatakan Azizi, pencipta lagu yang juga vokalis dan motor grup rock Blackout, dibuatnya setelah membaca cerpen berjudul Maukah Kau Menghapus Bekas Bibirnya di Bibirku dengan Bibirmu karya Hamsad Rangkuti. Cerpen itu terangkum dalam buku antalogi cerpen berjudul Bibir dalam Pispot terbitan tahun 2003.

Setelah meminta ijin langsung kepada Hamsad, maka atas nama kepentingan lagu, judul cerpen itu dilaraskan dan berbunyi, “Kan Kuhapus Bekas Bibirnya di Bibirmu, dengan Bibirku,” dalam sebuah singgel berjudul “Bibir”. “Agar lebih enak didengar lagu itu saya bungkus dalam nuansa keceriaan,” kata Azizi dalam syukuran unduhan dua juta atas lagu itu, di Jakarta, kemarin.

Efek kesuksesan itu, berdampak pada Hamsad. Sastrawan kelahiran Titikuning, Medan, Sumatera Utara, 7 Mei 1943 itu, kecipratan royalti. “Tapi biar kami, bang Hamsad (Rangkuti), dan Tuhan yang tahu berapa jumlahnya,” kata Fajar Budiman dari Falcon Music yang menaungi singgel dan manajemen Samantha Band.

Samantha adalah grup band perempuan berawak Milsha (vokal), Moniq (gitar), Windy (drum), dan Keke (bas yang terbentuk sejak 2007 lalu. Mereka telah wara-wiri di sejumlah perhelatan tingkat nasional seperti gelaran Soundrenaline. Kini setelah mereguh sukses dalam bentuk unduhan singgel, mereka berencana merilis album lengkap. Azizi, kreator dibalik kesuksesan mereka menjanjikan akan memberikan beberapa karya terkininya, yang dia klaim cocok dengan karakter Samantha Band.

Bahkan sangat memungkinkan dia akan mendalami berbagai karya sastra inspiratif lainnya dari sastrawan besar Indonesia lainnya seperti mendiang WS. Rendra, dan Sapardi Djoko Damono misalnya, untuk dia jadikan tilikan lirik lagunya.