Hari Raya Desain Grafis Dunia


Koskow

Bermodal memilih jurusan yang dekat dengan minat, saya melanjutkan kuliah ke kampus seni rupa dan desain. Migrasi ke Bandung dari Semarang memertemukan saya dengan para pengajar desain grafis yang berasam garam, baik sebagai pengajar, pula sebagai tukang gambar, kata seorang dosen yang murah senyum itu. Dari Bandung geser ke Surabaya, turut membantu seorang rekan pengajar (yang dulu vokalis kami sewaktu ngeband di Bandung) di sebuah kampus desain yang dibangun di bekas pertambakan. Dari Surabaya geser ke Yogyakarta, yang tadinya saya kira kampus suwasta ternyata kampus negeri, setelah mendapati surat pemberitahuan sedang ada lowongan pengajar, berstempel kementrian pendidikan itu. Gurid, ya guru, ya murid. Kiranya demikian cara belajar desain grafis. Di satu sisi para pengajar sebagai guru. Di saat lain mahasiswalah sang guru. Pun sebaliknya.

Di masa-masa pandemik global seperti sekarang, dan di hari raya desain grafis dunia (27 April), hal penting yang dapat dikerjakan yaitu: desainer senantiasa mengomunikasikan solusi & harapan, senantiasa membangun kebersamaan, dan berbagi kreativitas & rejeki. Sedikit banyak ritme hidup saya selaraskan dengan ritme bekerja dari rumah. Mendesain dan mengajar belumlah cukup, ada hal lain di luar desain yang perlu untuk dikerjakan. Saya yakin desain tak sebatas memecahkan persoalan, pula menunjukkan di mana persoalannya, meski keduanya tetap penting dan masih berjalan dalam lembaga pengajaran serta praktik desain sehari-hari. Di wilayah terdasar desain juga tentang cara hidup yang masuk akal, termasuk di waktu seperti saat ini.

Terima kasih atas kabar dari teman-teman, rekan-rekan pengajar, alumni, mahasiswa, komunitas, pertemanan di medsos, serta berbagai inspirasi dari berbagai desainer di mana pun mereka bekarya guna menyudahi persoalan. Dari situ kita turut berpartisipasi walau barisan persoalan masih betah mengantri. Kita berbagi visi dan cara hidup yang kontekstual. []

27 April 2020, Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *