Sudah diterbitkan majalah Koreana edisi musim dingin 2020

Versi Indonesia di koreana.or.kr oleh Korea Foundation


PANDEMI DI MUSIM DINGIN
Prof. Koh Young Hun *

Memasuki bulan November udara di Korea pelan-pelan menjadi dingin. Daun-daun ginko yang berjatuhan di musim gugur, menyisakan batang-batang pohon yang terkesan sepi diselemuti rasa dingin yang akut. Keadaan itu menjadi semakin sunyi ketika orang-orang tak banyak memenuhi jalan karena pandemi corona tak kunjung surut. Alih-alih landai, Covid-19 justru makin menjadi-jadi. Hal seperti itu sesungguhnya tidak hanya terjadi di Korea, namun melanda pula negara-negara lain di dunia. Pembatasan sosial berskala besar pun dilakukan kembali di Korea.

Di saat wabah ini belum dapat dikendalikan dengan baik, sebaiknya kita berdiam di rumah, kecuali memang tidak sungguh penting untuk keluar. Dan, Majalah Koreana akan menemani pembaca dengan suguhan yang menarik. Di masa pandemi ada cara terbaik untuk menciptakan waktu yang bermutu yaitu dengan membaca. Kali ini Anda akan diajak menguak nilai-nilai estetis dari Minhwa (lukisan rakyat Korea) yang pernah hidup di masa lalu, dan diapresiasi di masa kini. Lukisan itu sungguh bisa menjadi ikon budaya Korea yang sangat adiluhung. Bahkan, dianggap sebagai lukisan untuk kebahagiaan, dapat melindungi manusia dari roh jahat.

Tontonan yang menarik di saat tidak keluar rumah adalah video musik. Koreana juga mengupas tuntas perihal video musik K-Pop. Video musik tersebut tidak sekadar berupa video pendek yang bercerita tentang konten sebuah lagu, melainkan memperlihatkan juga ‘pandangan tentang dunia’ melalui pesan yang terdapat dalam lirik dan melodi.

Selamat membaca Koreana dari halaman pertama hingga halaman terakhir. Anda akan berselancar pada gelombang keunikan dan keindahan Korea. Jangan lupa, jaga kesehatan, kuatkan imun, jaga jarak, pakai masker, dan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin. Semoga corona segera berlalu.
***

*) Pemimpin Redaksi Koreana Edisi Bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *