Novel: Waktu; di pesisir utara


Pengarang: A. Syauqi Sumbawi
Penerbit: Rumah Semesta Hikmah
bekerjasama dengan Pustaka Ilalang
viii + 90 hlm
14 x 20,5 cm
Edisi ketiga: Juni 2021

Harga normal: 40K
Pre-order: 25K
Open Pre-Order hingga 20 Juni 2021
Info pemesanan: 085731139530 & 085648030568
***

Salah satu rahasia terbesar dalam kehidupan manusia adalah waktu. Dalam eksistensinya yang universal, tidak ada seorang pun manusia yang mampu mengetahui waktu. Karena manusia terbatas oleh waktu. Bahkan secara transendental-objektif, harus tunduk pada kenyataan waktu yang eksistensinya berada di luar kehendak dan kemampuan manusia.

Di sisi lain, secara historis-subjektif, waktu dapat dipahami, dimanfaatkan dan diagendakan. Manusia merumuskan hitungan detik, menit, jam, hari, bulan, tahun, dan seterusnya. Juga menamai pagi, siang, sore, malam dan sebagainya. Dalam eksistensinya yang partikular ini, kehidupan manusia bersifat unik, di mana setiap orang memiliki pengalaman, perasaan, serta pemahaman yang berbeda satu dengan lainnya. Begitu pula dalam melihat dimensi waktu; masa lalu, masa sekarang, masa depan.

Diawali dengan sebuah insiden tak terduga di suatu lokasi wisata di pesisir utara, tokoh aku pun terlibat dalam benih-benih cinta dengan seorang perempuan. Ada upaya di antara keduanya untuk mengeratkan hati: yakni sebuah pertemuan kembali esok hari pukul sembilan pagi. Akan tetapi, perempuan itu seperti menghilang bersama waktu. Tokoh aku hanya bisa menunggu. Berusaha mengakrabi waktu. Berbagai peristiwa dalam kehidupan silih berganti hadir mengisi waktu penantiannya. Pada akhirnya, waktu pun mengantar pada kondisi yang benar-benar asing dan rahasia. Penuh kejutan.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *