Penerbit Karya Sastra Nobel Kebanjiran Penawaran

Bloomberg, Nur Haryanto
http://www.tempointeraktif.com/

Paris: Penerbit Prancis Editions Gallimard SA yang menjadi pemegang hak penerbitan karya sastra peraih Nobel Jean Marie Gustave le Clezio langsung dibanjiri permintaan dan penawaran dari penerbit asing.

?Saya tidak panik. Saya santai saja menghadapi ini,? ujar Anne-Solange Noble, direktur untuk penerbitan asing Gallimard. ?Memang banyak orang menelpon tapi saya belum tahu akan menjawab apa,? ujarnya.

Le Clezio, yang berusia 68 tahun, mendapat penghargaan Nobel, sebagai penulis dengan aliran baru, menciptakan karya sastra yang penuh dengan petualangan puitis dan menerbitkan hasrat pencapaian yang sensual. ?Dia menulis lebih dari 30 buku, termasuk ?The Interrogation?, ?The Flood’ dan karyanya tahun 1980 berjuul ?Desert? yang bercerita tentang hilangnya budaya Afrika Utara. Novel terakhirnya ?Ritournelle de la faim? diterbitkan 2 Oktober lalu,? tutur Noble.

Karyanya telah diterbitkan di 35 negara. Noble mengatakan kalau ada 15 penerbit dari berbagai negara telah menghubunginya sejak penghargaan tu diumumkan. ?Le Clezio sebenarnya sangat terkenal sebagai bagian dari dunia Anglo-Amerika,? ujarnya.

Noble mengatakan, dia belum akan memutuskan sampai Frankkfurt Book Fair yang akan digelar pekan depan. ?Kami santai saja menghadapi ini,? ujarnya. ?Saya mendapat telepon dari orang yang bertanya, bagaimana dengan penwraan saya? Saya jawab saya belum bisa melihatnya.?

Strategi lain untuk menghindari serbuan penawaran itu, Noble kemudian memutuskan saluran telponnya. ?Atau saya katakan Mr. Le Clezio ada di saluran lain,? tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *