Mantan Juru Bicara Akan Buat Buku soal Pemikiran Gus Dur

Sholla Taufiq
http://www.tempointeraktif.com/

Mantan juru bicara Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sastro Ngatawi, berencana membuat buku tentang sosok dan pemikiran almarhum Gus Dur.

“Insya Allah, buku itu seputar geneologi pemikiran Gus Dur,” kata Sastro kepada Tempo, di Ciganjur Jakarta. Kamis (31/12).

Selain itu, ada juga jejak rekam yang akan dituangkan dalam buku tersebut. “Ada catatan saya saat bersama Gus Dur,” kata dia. Hal penting dalam pandangan dia adalah pada 1998 saat almarhum Gus Dur selaku presiden RI ke-4 membuka open house.

“Itu merupakan momentum penting, karena Gus Dur menunjukkan dan mendeklarasikan diri sebagai seorang demokrat sejati,” tandas ketua Lembaga Seni Muslim Indonesia (Lesbumi) ini. “Beliau menerima seluruh masyarakat lengkap dengan problematikanya.?

Pascapemberangkatan jenazah Gus Dur, kediaman Gus Dur terlihat sepi. Hanya ada puluhan santri Ciganjur melakukan doa bersama dengan cara khataman quran. Mereka ini membaca al Quran dengan cara hafalan. “Ini Santri Ciganjur sedang ngaji,” kata Sastro.

“Di rumah tidak ada siapa-siapa, hanya saya sendiri yang jaga rumah,” ujar dia. Beberapa warga yang tadinya melayat tampak memotret foto Gus Dur yang ada di dinding rumah.

“Saya bersyukur bisa ketemu dengan orang dengan wawasan luas, dan kesabaran tinggi. Melayani umat dengan penuh kesabaran, sosok yang konsisten dalam perjuangan pluralisme,” papar dia.

Gus Dur meninggal pada usia 69 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, kemarin sekitar pukul 18.45. Almarhum wafat karena komplikasi penyakit diabetes, ginjal, dan stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *