Akhir Pekan ini, TMII ‘Hidupkan’ Cut Nyak Dien

Endro Yuwanto
http://www.republika.co.id/

Akhir pekan ini, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menghidupkan lagi sosok pahlawan nasional seperti Cut Nyak Dien dan Pangeran Diponegoro. Kehadiran para pahlawan nasional ini untuk meramaikan peringatan Hari Pahlawan Nasional, HUT TNI, dan Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan ini sejalan dengan Pekan Wira Budaya TMII yang dimulai sejak Ahad (24/10) hingga 14 November mendatang.

Selain menghadirkan sosok pahlawan yang diperankan selebritas seperti Pong Harjatmo (Pengeran Diponegoro), Della Puspita (Cut Nyak Dien), dan Krisna Mukti (Sultan Hassanudin), Pekan Wira Budaya akan menghadirkan rangkaian Karnaval Keprajuritan Nusantara dari 16 provinsi di nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Dari Papua akan ditampilkan arak-arakan upacara penjemputan panglima perang oleh Suku Tiom. Selain itu, masih terdapat pertunjukan dari Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, hingga Nanggroe Aceh Darussalam.

Menurut Direktur Operasional TMII Ade F Meliala, selain menampilkan karnaval keprajuritan daerah, Pekan Wira Budaya juga akan diramaikan oleh penampilan dari kesatuan TNI. “Prajurit TNI akan menampilkan prajurit perjuangan pra-kemerdekaan hingga prajurit TNI modern hari ini.”

Rangkaian karnaval akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan arak-arakan yang dimulai dari Museum Keprajuritan TMII dan berakhir di panggung utama di Plaza Tugu Api, Sasono Langen Budoyo.

Selain rangkaian karnaval keprajuritan, Pekan Wira budaya juga akan diramaikan dengan pameran seni kriya seni dan foto, wayang jazz, festival teater nasional, dan dua opera Mahabrata dan Ramayana, serta opera Rama-Shinta versi Minang ‘Cinto nan Sabananyo’. Hingga akhir Pekan Wira Budaya, TMII mengharapkan dapat menyedot kedatangan hingga 60 ribu pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *