Penyair Inggris Harvey Ramaikan Wimbledon Tahun Ini

Bagus Wijanarko
http://www.tempointeraktif.com/

Jika performa Roger Federer di Wimbledon bukanlah sebuah puisi, hal itu akan terjadi tahun ini. Penyelenggara turnamen akbar tenis The All England menyatakan telah menunjuk ?penyair kejuaraan? untuk menulis sebuah sajak tiap hari untuk menyimpukan pertandingan yang telah berlangsung pada hari itu dan menyemarakkan atmosfir di ajang grand slam tersebut.

Komedian dan penyair Inggris, Matt Harvey telah diminta untuk menuliskan sair tentang ?semua yang berkaitan dengan Wimbledon?. Menurut All England tugas Harvey meliputi semua hal dari soal wasit, raket, hingga bocah pria dan wanita pemungut bola. Dari rumput lapangan dan pantulan air hujan serta atap, strawberi dan krim dan semua drama yang terjadi dalam pertandingan dan pemain.

Sair yang dibuat Harvey bisa dinikmati di laman pribadi Wimbledon ketika turnamen berlangsung, 21 juni hingga 4 Juli. Ini juga bisa didengar dengan layanan podcast, yang langsung dibacakan penyair itu.

?Saya senang dengan penunjukkan ini, dengan ?sedikit kegelisahan yang menyehatkan,? bungah Harvey yang biasa mengisi acara di radio Inggris, Rabu (18/5).

?Ini sebuah kehormatan. Saya sadar akan menjadi orang pertama yang hadir di Wimbledon, kecuali Anda menghitung antrian strawberi,? paparnya.

Ide penyair kejuaraan darang dari Honor Godfrey. Dia adalah seorang kurator di Museum Tenis Lawn Wimbledon yang mengatkaan ini akan ?menyediakan sebuah novel dan jalan menarik? untuk menerjemahkan turnamen.

?Ini akan menarik untuk melihat sair yang dibikin Harvey dan reaksi publik tentang sair tersebut,? kata Godfrey.

Harvey bahkan telah menuliskan sairnya buat Wimbledon. Ini bernama ?terbesar dari Slams? yang bisa dilihat di laman The Poetry Trust, sebuah organisasi Inggris yang berkolaborasi dengan proyek All England Club.