Shakespeare Punya “Co-Writer”

Albertina S.C.
Sinar Harapan, 26 April 2012

OXFORD – Seperti kerja bareng yang umum dalam produksi film, hal serupa juga diyakini terjadi pada sastrawan jenius Shakespeare. Para ilmuwan dari Universitas Oxford Inggris meyakini, ada “tangan kedua” yang terlibat dalam penulisan naskah komedi All’s Well That Ends Well karya Shakespeare.

Para peneliti menemukan bahwa kisah tentang bangsawan Bertman yang menghindar untuk menikahi seorang yatim piatu dari kalangan jelata, mungkin ditulis bersama penulis drama lain. Demikian seperti dikutip dari The Telegraph, Rabu (25/4).

Analisis komedi Bard dari First Folio pada 1623 menyingkapkan sidik jari sastrawan Thomas Middleton, penulis The Changeling and Women Beware Women, kata Prof Dr Laurie Maguire dan Dr Emma Smith, dari Fakultas Sastra Inggris Universitas Oxford. Dari kosa kata, rima, gaya, dan tata bahasa, berdasarkan analisis mendalam, keduanya menemukan bahwa Middleton, yang satu zaman dengan Shakespeare, tampaknya menjadi kandidat yang paling mungkin.

“Proporsi dari naskah yang ditulis dalam sajak jauh lebih tinggi dari biasanya untuk Jacobean Shakespeare: 19 persen adalah baris dalam sajak, cocok engan 20 persen norma dari Middleton,” kata Prof Maguire,.

Dia menambahkan: “Kami tidak mengatakan bahwa Middleton dan Shakespeare pasti bekerja sama dalam All’s Well, tetapi keterlibatan Middleton pasti akan menjelaskan banyak dari gaya komedi, teks, dan narasi yang aneh.”

Middleton, warga London yang hidup 1580-1627 dikenal dengan karya-karya drama dan puisinya sendiri di dalam teater Reinasans, seperti juga Shakespeare. Keduanya diketahui telah bekerja sama dengan Middleton dalam Timon Of Athens, menurut para akademisi tersebut.

Para peneliti percaya, jika keduanya bekerja sama dalam All’s Well, itu bisa memberikan wawasan baru yang menarik.

Dr Smith mengatakan: “Kita tahu Shakespeare bekerja dengan dramawan lain cenderung dalam hubungan master dan murid magang, dengan Shakespeare sebagai murid magang di awal tahun dan sebagai penulis senior di tahun-tahun terakhirnya.”

“Tapi jika seperti dugaan kami All’s Well dan Timon Of Athens ditulis pada 1606-1607 ketika Shakespeare di tengah kariernya dan bekerja dengan dramawan seperti Middleton, hubungan itu tampaknya tidak ubahnya dengan kerja sama yang dibangun musisi untuk menghasilkan karya besar saat ini.”
(TheTelegraph)

Dijumput dari: http://cabiklunik.blogspot.com/2012/04/shakespeare-punya-co-writer.html