Musikalisasi Puisi Sapardi Djoko Damono

Buka Mocosik Festival 2018
Novianti Setuningsih
Jawa Pos, 20 Apr 2018

Festival kreatif, Mocosik Festival 2018 mulai digelar hari ini. Selama tiga hari ke depan, festival tahunan yang dirancang untuk mempertemukan pecinta buku dan musik dalam satu panggung itu digelar di Yogya Expo Center 20-22 April 2018.

Pada hari pertama, Jumat (20/4), festival dibuka dengan musikalisasi puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono dan Emha Ainun Nadjib oleh Jubing – Reda.

Setelah musikalisasi puisi, acara juga dimeriahkan dengan talkshow interaktif soal literasi bersama Sapardi Djoko Damono dan Seno Gumira Ajidarma. Kemudian, acara talkshow berakhir sekitar pukul 17.00 WIB dengan musikalisasi Pada Suatu Hari Nanti milik Sapardi yang didayukan oleh Reda hingga membuat meremang bulu kuduk.

“Generasi sekarang kan sangat terlena dengan sosmed (social media), jadi kita lupa sama buku. Padahal, buku ini kan sebuah peradaban. Ini yang jadi keprihatinan kita,” ungkap Project Director MocoSik Festival, Bakkar Wibowo, Jumat (20/4).

Oleh karena itu, dibuat lah embel-embel musik untuk menarik minat generasi milenial. Musisi yang dipilih pun yang disukai banyak generasi millenial.

“Generasi sekarang kan lebih gampang nerima musik, budaya pop. Makannya kita buat mereka mendekati literasi lagi dengan musik. Kita ajak Slankers-slankers (penggemar Slank garis keras) yang biasa bawa bendera jadi bawa buku,” lanjutnya.

Kedua kultur yang masuk dalam ranah literasi budaya itu pun diringkas dalam satu ikatan akronim, Mocosik. Dalam bahasa Jawa, ‘maca’ atau ‘moco’ artinya baca, sementara ‘sik’ berarti musik.

Pada tahun ini, Mocosik Festival mengusung tagline besar merayakan buku dan musik. Festival menampilkan dua budaya secara serentak, yakni buku yang dinyanyikan disandingkan dengan musik yang dibaca.

Setelah talkshow bersama Sapardi dan Seno Gumira usai, acara akan kembali dilanjutkan pada pukul 19.30 WIB dengan penampilan dari Rio Febrian, Kahitna, dan Letto. Sebelumnya, pada pukul 13.00 WIB, Pure Saturday dan Melancolic Bitch juga membawakan beberapa lagu andalan mereka.

Tiket Mocosik Festival dapat dibeli di tempat seharga Rp 75 ribu. Tiket tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan buku seharga tiket sekaligus menonton konser musik. (yln/JPC)

https://www.jawapos.com/read/2018/04/20/206102/musikalisasi-puisi-sapardi-djoko-damono-buka-mocosik-festival-2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *