Santri Nuris Ikuti Festival Literasi Nusantara “Jember Gemar Membaca” di UNEJ

Faizal Af


Datangkan Empat Narasumber dari Penyair Timur Jawa, Unej Gelar Festival Literasi Nusantara.

Pesantren Nuris -Ekstrakurikuler penulisan kreatif sastra mengirimkan 20 santri untuk mengikuti Festival Literasi Nusantara “Jember Gemar Membaca” di Universitas Jember, pada hari Sabtu 5 Oktober 2019.

Acara ini dipanitiai oleh LP3M (Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu) Universitas Jember yang bekerjasama dengan mahasiswa PKL dari FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jember.

Acara yang dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB ini diisi oleh empat narasumber yakni Taufiq Wr. Hidayat, Ahmad Taufiq, Nurel Javissyarqi, dan Dwi Pranoto, dengan moderator Siswanto. Ada tiga sub acara dalam Festival Literasi Nusantara ini, pertama acara Bedah Buku.

Ada dua buku yang dibedah, buku berjudul “Agama Para Bajingan” karya Taufiq Wr. Hidayat, dan buku berjudul “Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia” karya Nurel Javissyarqi. Kedua, penyerahan hadiah lomba Cipta Puisi SMP/MTs Sederajat, dan SMA/MA Sederajat se-Kabupaten Jember. Ketiga, temu Penyair Timur Jawa menjadi acara penutup.

Acara dimulai dengan pembacaan puisi oleh tiga orang sastrawan yakni Cak Levan, SAW, dan Wahid. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh pembawa acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan ketua LP3M Ahmad Taufiq, S.S. M.Pd. Kemudian doa oleh M. Nurul Huda.

Setelah pembacaan doa, peserta dibuat kagum dengan penampilan mahasiswa yakni musikalisasi puisi, puisi pertama “Sajak Putih” karya Chairil Anwar, dan puisi kedua “Kekasih” karya S. Arimba. Acara bedah buku dimulai oleh moderator, dan dilanjutkan dengan proses kreatif dari Taufiq Wr. Hidayat dan Nurel Javissyarqi.

Kedua penyair ini menceritakan proses kreatif yang mereka alami selama membuat buku, dan cerita pengalaman dalam menulis. Kemudian dilanjutkan dengan bedah buku yang dibahas oleh Ahmad Taufiq, dan Dwi Pranoto. Acara berjalan lancar, para peserta antusias dalam memperhatikan seluruh materi yang disampaikan narasumber.

“Saya senang sekali dapat mengikuti acara ini, karena mendapat pengalaman baru, ilmu tentang sastra dan kepenulisan, semoga nantinya saya dapat mempraktekkan ilmu yang saya dapat dan lebih semangat lagi dalam menulis,” Ujar Sofina Adwitya, salah satu peserta dari SMA Nuris Jember. [Dev.Red]

http://pesantrennuris.net/2019/10/05/santri-nuris-ikuti-festival-literasi-nusantara-jember-gemar-membaca-di-universitas-jember/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *