DARI BUSAN MEMBANGUN KEMITRAAN BAGI PERDAMAIAN


Sudah diterbitkan majalah Koreana edisi musim dingin 2019!
Tidak lama lagi bisa dibaca juga di <www.koreana.or.kr>
Korea Foundation

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tiba di Gimhae Air Force Base, Busan, Korea Selatan pada 23 November 2019 yang lalu, untuk menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Korea Selatan. KTT yang memperingati 30 tahun kemitraan ASEAN dan Korea Selatan bertemakan “Kemitraan bagi Perdamaian, Kesejahteraan bagi Semua”. Selama di Busan, Presiden RI tersebut mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan dengan beberapa CEO Korea Selatan. Tentu ini pertemuan yang luar biasa.

Sungguh menarik fitur khusus Koreana Musim Dingin 2019 kali ini mengangkat tema Busan. Busan sebagai kota terbesar kedua setelah Seoul memiliki banyak keistimewaan, misalnya pantai-pantainya yang indah, kota pelabuhan yang selalu hidup, pusat perfilman, dan sebagainya. Karenanya sungguh masuk akal jika Busan dipilih sebagai tempat penyelenggaraan KTT Asean tersebut.

Busan juga muncul sebagai latar dalam cerita pendek “Hari-Hari di Mildawon” karya Kim Dong-ni, seorang sastrawan terkemuka dalam sejarah sastra Korea. Cerita pendek ini layak untuk dibaca sebab mengisahkan hari-hari kehidupan seniman, entah itu pelukis, sastrawan, pemusik, dan sebagainya. Suka duka hidup seniman dipaparkan secara apik.

Jangan lupa membaca pula perdebatan antara fakta dan fiksi dalam film. Perdebatan itu muncul dipicu oleh kritik pengamat bahwa film-film Korea yang bersumberkan sejarah, banyak yang menyimpang dari fakta sejarah tersebut. Degresi fakta sejarah itu lahir karena kepentingan popularitas lebih ditonjolkan daripada nilai historisnya.

Sambil membayangkan guguran salju di musim dingin, selamat menjelajahi Koreana dari halaman depan hingga halaman terakhir. Anda pasti terpaku pada setiap kalimat yang memberikan informasi tentang Korea secara gamblang dan jernih, sambil membangun kemitraan dalam perdamaian.

Koh Young Hun
Pemimpin Redaksi Koreana Edisi Bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *