JAKARTA INTERNATIONAL LITERARY FESTIVAL (JILFest) 2008

Sumber, http://www.jilfest.org/

Jakarta sebagai ibukota negara, pusat pemerintahan, kota internasional, dan berbagai predikat lainnya — yang melekat pada reputasi dan nama baik Jakarta yang merepresentasikan citra Indonesia — memiliki arti penting tidak hanya bagi warga Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia, tetapi juga bagi masyarakat dunia. Artinya, posisi Jakarta sangat strategis bagi usaha mengangkat keharuman Indonesia serta menjalin kerja sama sosial budaya untuk memperkenalkan Indonesia dalam pentas dunia. Jakarta — yang juga dapat dimaknai sebagai miniatur Indonesia — dapat digunakan sebagai pintu masuk bagi masyarakat dunia untuk mengenal berbagai kebudayaan etnik yang tersebar di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, penting artinya mendatangkan masyarakat dunia ke Indonesia melalui Jakarta. Dalam kaitan itu penulis (sastrawan) sesungguhnya alat yang efektif untuk memperkenalkan dan mempublikasikan Jakarta ke masyarakat manca negara. Dalam hal itulah program Jakarta International Literary Festival (JILFest) 2008 dapat berdampak luas tidak hanya untuk kepentingan Jakarta tetapi juga untuk kepentingan Indonesia secara keseluruhan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan sebuah program acara yang memungkinkan harapan ideal itu dapat tercapai.

Nama Kegiatan

Kegiatan ini bernama Jakarta International Literary Festival (JILFest) 2008.

Tujuan Kegiatan

  • Mengangkat citra Jakarta sebagai kota wisata budaya di mata masyarakat Internasional.
  • Memperkenalkan keanekaragaman kultur etnik yang tersebar di wilayah Nusantara, dengan Jakarta sebagai pintu masuknya.
  • Mengangkat citra Jakarta dan citra Indonesia secara keseluruhan sebagai salah satu tujuan wisata Internasional.
  • Menjalin kerja sama antar penulis Internasional.
  • Membuka kemungkinan kerja sama antar-sastrawan Indonesia dan sastrawan Internasional.
  • Memperkanalkan sastra Indonesia beserta karya-karyanya ke masyarakat sastra Internasional.
  • Memperkenalkan lebih dekat Jakarta sebagai kota budaya dengan berbagai kekayaan hasil cipta budayanya kepada masyarakat dunia melalui peranan penulis dari mancanegara.
  • Mempromosikan Jakarta sebagai tempat yang menarik untuk latar penulisan karya-karya sastra dan produksi seni lainnya.

Bentuk Kegiatan

Pertemuan sastrawan internasional, seminar sastra internasional, lomba penulisan cerpen dan puisi berlatar Jakarta, pertunjukan seni, penerbitan buku, bazaar buku sastra, serta wisata budaya.

Pertemuan Sastrawan Internasional

Pertemuan sastrawan internasional ini akan menjadi ajang silaturahmi sekaligus musyawarah untuk mencari bentuk-bentuk kerja sama baru di bidang sastra guna meningkatkan kehidupan sastra serta peran sastrawan dan karyanya di forum-forum sastra internasional.

Seminar Internasional

Tema seminar ini adalah Peran Jakarta dalam Kehidupan Sastra Duni. Menampilkan pembicara dan peserta aktif (undangan) dari dalam dan luar negeri. Nama-nama pembicara yang dijadwalkan tampil adalah DR. Katrin Bandel (Jerman), DR. Ernst Ulrich Kratz (Inggris), DR. Maria Emrl (Portugal), DR. Henry Chamberlouis (Prancis), DR. Evgeniia Sergeevna Kukushkina (Rusia), Prof. DR. Harry Aveling (Amerika Serikat, Australia), Orhan Pamuk (Pememang Nobel Sastra, Turki), Prof. DR. Koh Young Hun (Korea), DR. Mikihiro Moriyama (Jepang), DR. Moh. Saleh Yafaar (Malaysia), Jamal Tukimin, MA (Singapura), dan Prof. DR. Budi Darma (Indonesia). Rincian topik seminar beserta pembicaranya terlampir. Nama-nama peserta aktif yang akan diundang juga terlampir.

Lomba:

  • Lomba menulis cerpen berlatar Jakarta.
  • Peserta lomba warga negara Indonesia dan warga negara asing, namun ditulis dalam bahasa Indonesia.
  • Pemenang lomba akan diundang untuk mengikuti JILFest 2008 di Jakarta.
  • Karya-kaya hasil lomba akan diterbitkan dan diluncurkan serta didiskusikan di dalam JILFest 2008 di Jakarta.
  • Para pemenang dan buku hasil lomba akan dibawa keliling ke negara-negara pemenang dan nominator untuk didiskudikan dan dipentaskan.

Penerbitan buku:

  • Buku yang bersisi makalah Seminar JILFest 2008.
  • Buku Antologi Cerpen dan Puisi karya Peserta JILFest 2008.
  • Buku Antologi Cerpen karya Pemenang Lomba Menulis Cerpen JILFest 2008.
  • Peluncuran buku dilaksanakan pada acara pembukaan JILFest 2008.
  • Buku akan dibahas di tengah-tengah seminar JILFest 2008.
  • Buku dan pemenangnya akan dibawa keliling ke negara-negara pemenang dan nominator untuk didiskusikan dan dipentaskan.
  • Diupayakan, buku-buku tersebut akan diterbitkan dalam edisi bahasa Inggris.

Bazaar buku sastra:

Bazaar buku dilaksanakan selama acara berlangsung, 11-14 Desember 2008, di kawasan Kota Tua, dengan melibatkan para penerbit buku sastra di Indonesia.

Pementasan:

Pembacaan puisi, pembacaan dan pementasan cerpen, musikalisasi puisi yang melibatkan semua sastrawan internasional, serta pertunjukan seni Betawi. Rincian menu acara pertunjukan terlampir.

Wisata Budaya:

Peserta undangan akan dibawa ke Situ Babakan, Pasar Seni Ancol, dan obyek-obyek wisata budaya lain di Jakarta. Peserta akan diminta untuk menuliskan pengalaman dan kesan masing-masing dalam mengikuti JILFest 2008 dan Wisata Budaya untuk dipublikasikan di media massa di negara masing-masing.

Jumlah Peserta

Acara JILFest 2008 ditargetkan akan diikuti sedikitnya 150 orang peserta (di luar pembicara) ? sastrawan, penyair, cerpenis, eseis, novelis, wartawan, penerbit, pengajar, dan aktifis sastra ? dari sekitar 30 negara di dunia.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan:

Waktu: Kamis-Minggu, 11-14 Desember 2008.
Tempat: Kawasan Kota Tua, Jakarta.

Susunan Acara:

Susunan acara terlampir.

Panitia Pelaksana:

Kegiatan JILFest 2008 diselenggarakan oleh Komunitas Sastra Indonesia (KSI) dan Komunitas Cerpen Indonesia (KCI), bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta.

Susunan Panitia Pelaksana:

Susunan Panitia Pelaksana JILFest 2008 adalah wakil-wakil dari Komunitas Sastra Indonesia (KSI), Komunitas Cerpenis Indonesia (KCI), serta Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta.

Sekretariat Panitia:

Gedung Nyi Ageng Serang, Lt. 6,
Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan
Phone/fax: (62-21) 5263231.
Web site: www.jilfest.org. Email: jilfest2008@yahoo.com.
Contact Person: 0818992479 (Yusuf), 0818807503 (Ima), 081315382098 (Ahmadun), 081586487530 (Maman)

Jakarta, September 2008
PANITIA PELAKSANA
JILFest 2008

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *