Mantan Sekda Pimpin Dewan Kesenian Purworejo

Nur Kholiq
http://www.suaramerdeka.com/

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) yang kini sudah pensiun, Ackmad Fauzi terpilih sebagai Ketua Dewan Kesenian Purworejo periode 2012-2015 pada Musyawarah Daerah Dewan Kesenian Purworejo yang digelar di Gedung PGRI setempat, kemarin.

Dalam pemilihan tersebut, mantan calon bupati ini mengantongi 30 suara, jauh mengungguli rivalnya Haryanto Sukiran dan Suroto S Toto masing-masing hanya mendapat 5 suara. Pemilihan ketua DKP berlangsung lancar dalam suasana penuh kekeluargaan. Selain memilih ketua, Musda juga membentuk tujuh Tim Formatur untuk menyusun susunan kepengurusan periode 2012-2015 mendampingi Fauzi.

Usai pemilihan, Fauzi mengatakan, dia tidak memiliki pretensi apapun saat hadir pada Musda tersebut. Karena seniman Purworejo memberi amanah kepada dirinya, ia siap mengemban tugas memajukan kesenian di Purworejo. “Memasuki dunia seniman itu bagai masuk ke dunia hitam. Seniman itu tidak bisa diatur, tetapi malah mengatur. Terutama mengatur dirinya sendiri. Marilah kita bersama-sama memajukan kesenian di Purworejo,” ajaknya.

Agenda yang akan segera dilakukan oleh pengurus baru ini menurut Fauzi menyusun program kerja tiga tahun ke depan. Dengan kegiatan tersebut diharapkan akan muncul grand image kesenian Purworejo, seperti Dolalak yang menjadi ikon seni tari di Purworejo.

Selanjutnya akan mengusahakan gedung kesenian untuk kiprahnya seniman Purworejo. Saat ini Bupati Purworejo pun telah menyetujui bekas Gedung Bioskop Bagelen untuk dijadikan gedung kesenian Purworejo. DPRD Purworejo pun juga telah menyetujui pembanguan gedung kesenian. “Gedung kesenian itu selain berfungsi untuk pengembangan seni budaya juga kalau bisa memiliki fungsi komersial sehingga ada pemasukan untuk Pemda,” ujar Fauzi.

06 Februari 2012