Workshop Bareng Bengkel Teater WS. Rendra “Teater Diponegoro” UNDIP

Choirul Rikzqa
http://www.kompasiana.com/rikzadipo

Magelang, UKM Teater Diponegoro mengadakan DIKLATSAR (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) untuk Anggota baru dan Pelantikan. Acara ini berlangsung selama 3 hari, tanggal 20 s/d 22 Januari 2012 yang bertempat di Sanggar Seni Eloprogo, Dusun Bejen. Kecamatan Borobudur, Magelang.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan UKM Teater Diponegoro yang bertujuan memberikan wawasan materi dasar teater dan implementasi teater dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini Anggota baru dapat memberikan kontribusi positif serta mampu membawa UKM teater Diponegoro kearah yang lebih baik dan lebih prestatif serta mengharumkan nama baik almamater Universitas Diponegoro melalui bidang Seni dan Teater.

Dalam kegiatan ini teater Diponegoro menghadirkan beberapa Pemateri dari Alumni dan Pegiat Bengkel Teater WS. Rendra (Dariyanto Bended-Salatiga, Gati Bangau Putih-Magelang, Supri-Yogyakarta, Romo Wahyu Guru Spiritual-Yogyakarta), Ranang Aji SP (Pendiri Koran Opini.com), Nurul Hadi Koclok-Alumni Teater Garasi. (dulu FISIPOL UGM),

Nurul Hadi Koclok mengatakan “teater kampus dewasa ini mengalami peunurunan sumberdaya anggotanya, hampir semua kampus minat terhadap teater semakin menurun. Dan perlu adanya reborn (memicu semangat baru).

Universitas Diponegoro merupakan Salah satu kampus terbesar di Indonesia.Potensi dan bakat mahasiwa sangatlah beragam. Hal ini di buktikan dengan adanya diksar ini, jumlah peserta ada 55 orang. Ini merupakan suatu hal yang positif bahwa di Undip terdapat bakat-bakat seni yang patut dikembangkan, khususnya teater” Tambahnya

Ketua UKM Teater Diponegoro, Mahran Nazih mengatakan “Teater itu suatu hal yang sulit tak segampang membalikkan telapak tangan. Saya selalu percaya bahwa setiap langkah kita adalah doa. Sehingga saya juga yakin kegiatan diksar ini bermanfaat bagi peserta untuk berkehidupan sehari-hari. Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan materi dasar teater dan implementasi teater dalam kehidupan sehari-hari. Dan sekaligus merupakan kegiatan Pelantikan anggota baru.

Kegiatan ini terasa sangat istimewa bagi kami, karena dapat berjumpa langsung dengan pegiat seni yang boleh dibilang berpengalaman. kegiatan ini merupakan pertama kali dilaksanakan diluar kota dan mengundang pemateri dari luar kota. Meskipun panitia harus bolak-balik bertemu pemateri, namun bagi kami yang terpenting adalah mempersembahkan yang terbaik buat Anggota baru. Dan Akhirnya kami mengucapkan Selamat atas dilantiknya Anggota baru Teater Diponegoro. Salam Budaya!!

23 January 2012