KOMPLEKSITAS PROBLEMATIKA KEHIDUPAN DALAM APRESIASI DAN SOLUSI

Senarai pemikiran Sutejo

Judul Buku: Senarai Pemikiran Sutejo (Menyisir Untaian Kata, Menemukan Dawai Makna)
Penulis: Sutejo
Prolog: Prof Dr Soediro Satoto
Epilog: Nurel Javissyarqi
Penyusun: Masuki M. Astro dan Nurel Javissyarqi
Penerbit: Spectrum Center Press dan Pustaka Felica
Halaman: xvi + 922; 15 cm x 23 cm
ISBN: 978-6021-96-100-1
Tahun: Cetakan I, Januari 2013
Peresensi: Imamuddin SA

Hidup dan kehidupan di dunia ini merupakan satu rangkaian peristiwa yang sarat dengan permasalahan. Hal itu terbukti jika dikaitkan dengan satu kisah yang terdapat dalam sejarah Islam. Sejarah Islam menegaskan melalui kitab suci al-Quran. Dalam kitab suci al-Quran menjelaskan bahwa nenek moyang manusia pertama, Adam dan Hawa, diturunkan ke bumi karena bermasalah, yaitu melanggar perintah Sang Khaliq. Sebagai konsekwensinya, mereka berdua dikeluarkan dari surga dan diturunkan ke bumi agar melakukan pertobatan yang pada akhirnya kelak bisa mengantarkannya kembali lagi ke surga. Meskipun pada dasarnya semua itu merupakan sebagian dari sekenario Sang Khaliq, yang sebelumnya telah merancang adanya khalifah (wakil-Nya) di muka bumi. Di bumi itulah Adam dan Hawa beserta keturunanya akan diuji dengan berbagai permasalahan untuk mengetahui keimanan dan ketaqwaannya sebagai bukti kelayakan dan kesuksesannya sebagai khalifah-Nya yang mampu membawa kelestarian serta keselamatan alam semesta.

Permasalahan-permasalahan yang dibebankan kepada umat manusia bagaikan batu. Batu itu tidak untuk disingkirkan melainkan dijadikan pondasi dasar dalam membuat jalan. Jalan itu harus dilewati agar seseorang sampai pada tujuan yang diinginkan (sukses). Terkadang, dalam berjalan, seseorang merasakan nyeri, luka, dan sakit ketika telapak kakinya tersentuh batu-batu tajam. Untuk itu, seseorang butuh solusi atau alternatif agar bisa berjalan dengan lancar, tanpa merasakan sakit, dan cepat sampai tujuan.

Buku “Senarai Pemikiran Sutejo” merupakan buku yang mengupas segala sisi dan aspek kehidupan. Aspek kehidupan yang dikupas pada dasarnya mengandung berbagai permasalahan. Kehadiran buku ini di tangan pembaca sebagai upaya menggali alternatif jawaban dan solusi atas problematika kehidupan yang ada. Buku ini mampu memberikan motivasi, pencerahan, wawasan, dan keilmuan yang mendalam atas serpihan problematika kehidupan.

Bagi Sutejo, “masalah” ibarat pisau bermata dua. Apabila seseorang mampu memegangnya dengan benar maka ia tidak akan terluka. Sebaliknya, pisau masalah itu akan bersifat mendewasakan pemegangnya. Seorang manusia tidak akan terlepas dari sebuah permasalahan. Sekali ia bisa mengatasi satu permasalahan, pada hakikatnya justru memasuki pintu permasalahan yang lain. Di sinilah proses belajar terjadi dan kedewasaan tercipta dengan sendirinya, sebab Tuhan tidak akan menguji (memberi permasalahan) seseorang di luar batas kemampuannya. Dan orang-orang yang sukses, justru mereka yang “mencari masalah”, menciptakan tantangan, kemudian menaklukkannya.

Sebagaimana judulnya, Senarai Pemikiran Sutejo berisi kumpulan pemikiran Sutejo; seorang doktor, ahli bahasa, budayawan, jurnalis, cerpenis, penyair, esais, kritikus sastra, dan motivator. Buah pemikiran itu dikumpulkan jadi satu dalam buku ini yang mencakup beberapa ranah. Beberapa ranah tersebut meliputi motivasi, kritik dan pembelajaran sastra, apresiasi dunia pendidikan, apresiasi bidang lain (politik, ekonomi, perbankan, sosial), dan budaya pinggiran.

Dari kelima ranah tersebut dibagi menjadi beberapa judul dan subjudul. Senarai Motivasi terdiri atas dua puluh tujuh subjudul. Senarai Sastra juga terdri dari dua puluh tujuh subjudul. Senarai Pendidikan memuat tiga puluh empat subjudul. Senarai Bagian Lain terdapat enam belas subjudul. Senarai Budaya Pinggiran mengandung empat puluh delapan subjudul. Jadi secara keseluruhan dalam Senarai Pemikiran Sutejo termaktub seratus lima puluh dua judul karya.

Buku Senarai Pemikiran Sutejo tampak memanjakan pembaca dengan menu-menu yang kompleks. Ibarat restoran, Senarai Pemikiran Sutejo merupakan meja makannya. Di atas meja makan itu terdapat cukup banyak makanan yang tersaji. Penikmat tinggal memilih saja menu makanan yang sesuai dengan selera pribadi. Bagi yang butuh motivasi, santap saja menu Senarai Motivasi. Bagi yang selera bersastra, kunyah saja menu Senarai Sastra. Bagi pembelajar (dosen atau guru), birokrat, stakeholder dan praktisi pendidikan, seruput saja menu Senarai Pendidikan. Untuk yang mendambakan dan haus dengan politik, ekonomi, perbankan, demokrasi, korupsi teguk saja menu Senarai Bagian Lain. Pembaca yang ingin merasakan atmosfir kebudayaan masyarakat pinggiran, cicipi saja menu Senarai Budaya Pinggiran. Bahkan lebih dari itu, di dalam menu-menu tersebut menyimpan rasa filosofi, religiusitas, dan spiritual yang menggigit. Buku ini cocok dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari remaja sampai tua, baik kalangan pelajar, ekonom, politikus, sastrawan, maupun yang lain.

Esensi dari kelima rana tersebut merupakan buah pemikiran Sutejo yang telah teruji kelayakan dan kualitasnya. Hal itu terbukti bahwa karya-karya Sutejo yang terkumpul dalam Senarai Pemikiran Sutejo pernah terpublikasikan di berbagai media masa baik lokal maupun nasional, juara LKTI, desertasi, makalah seminar dan MK S3. Ini menandai bahwa karya-karya dalam Senarai Pemikiran Sutejo adalah karya yang berkualitas. Selanjutnya, selamat membaca. Selamat menyelami dalamnya samudra pemikiran Sutejo dan meneguk tawar dari asin airnya untuk menghapus dahaga jiwa.

Agustus 2013, Lamongan