Milan Kundera Memenangkan Kafka Award 2020


Sigit Susanto

Kafka Award pada tahun 2020 ini dimenangkan oleh pengarang Cheko-Prancis Milan Kundera. Para yuri internasional di Praha memutuskan seorang pengarang di Paris. Milan Kundera menyisihkan pengarang lain. Milan Kundera yang sudah berusia 91 tahun itu menerima berita dari panitia lewat telepon dan menyatakan gembira. Penghargaan ini dilakukan di bulan Oktober.

Ia akan mendapatkan uang sebesar 8500 Euro.
Kundera adalah pengarang asal Chekoslovakia yang menentang rezim komunis di Chekoslovakia pada tahun 1950. Akhirnya pada tahun 1975 ia bereksil ke Paris. Kemudian ia menulis novel pada tahun 1979 berjudul The Book of Laughter and Forgetting. Sebuah buku yang mengkritik presiden Chekoslovakia, Gustav Husek yang dianggap lupa.

Pada tahun 1981 Kundera mengganti kewarganegaraannya menjadi warga Prancis. Novelnya berjudul The Unbearable of Lightness of Being di akhir tahun 1980-an dicekal di negeri asalnya. Novel terakhirnya pada tahun 1988 yang ditulis terakhir dalam bahasa Cheko berjudul Immortality juga dilarang terbit di Chekoslovakia.

Pada tahun 2008 ia tidak kembali ke Cheko, walau ia memenangkan penghargaan sastra negeri Cheko. Pada tahun 2009 duta besar republik Cheko mengantarkan sertifikat kewarganegaraan Kundera untuk kembali menjadi warga Cheko.

Kundera menghibahkan perpustakaan dan arsipnya kepada pemerintah Cheko dan menteri kebudayaan Cheko menganggap sebuah peristiwa besar.

Awal bulan ini 10 karya Kundera diizinkan untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Cheko. Karya itu sudah diserahkan Kundera atas bantuan istrinya, Vera.

Sumber:
https://www.theguardian.com/books/2020/sep/22/milan-kundera-joyfully-accepts-czech-republics-franz-kafka-prize

Zug, 18.10.2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *