Penyair Transtroemer Raih Nobel Sastra 2011

Eko Hendrawan Sofyan
http://oase.kompas.com/

Penyair Swedia, Tomas Transtroemer (80), yang kerap menyuguhkan karya yang sederhana tetapi berbau mistik tentang alam, sejarah, dan kematian, meraih Hadiah Nobel Sastra 2011 pada Kamis (6/10/2011).

Transtroemer dianugerahi hadiah bergengsi itu karena mampu menghadirkan gambaran realitas yang “tembus cahaya”, ringkas, dan padat. “Dia memberi kita akses segar ke arah realitas,” kata juri dari Swedish Academy.

Puisinya penuh dengan imajinasi dan emosi, tetapi juga berisi hal-hal yang tak disangka-sangka sehingga membuat karyanya secara bersamaan disorientasi dan menyegarkan.

Penyair yang terkenal di kawasan Skandinavia itu disebut-sebut master of mysticism, yang sering mempersembahkan kesadaran seperti mimpi. “Sebagian besar koleksi puisi Transtroemer berciri ekonomi, hal-hal konkret, dan metafora. “Transtroemer telah beralih menuju format yang bahkan lebih kecil dengan derajat konsentrasi lebih tinggi,” kata juri.

Dalam jumpa persnya pada Kamis, Transtroemer yang murah senyum mengatakan bahwa hadiah yang diberikan terhadapnya terasa “sangat istimewa”. Istrinya, Monica, menjawab pertanyaan-pertanyaan lain yang diajukan karena suaminya menderita stroke pada 1990, yang menyebabkan kemampuan komunikasinya terganggu.

Sebagai pianis amatir, setiap hari ia bermain piano dengan tangan kirinya yang masih bisa digerakkan dan mengisi kegiatan pagi hari mendengarkan musik klasik. Ia bahkan sedang mendengarkan musik ketika panggilan datang dari Swedish Academy pada Kamis.

Sekretaris tetap Swedish Academy, Peter Englund, mengatakan kepada televisi Swedia bahwa Transtroemer telah dinominasikan untuk hadiah itu setiap tahun sejak 1993.

“Karyanya tentang kematian, sejarah, dan kenangan, melihat kita, menciptakan kita, dan membuat kita penting karena manusia bagian dari penjara tempat semua entitas besar bertemu,” kata Englund kepada laman the nobelprize.org.

“Ini membuat kita penting, jadi Anda tak pernah merasa kecil setelah membaca puisi Transtroemer,” tambahnya.

Karya Transtroemer banyak diterjemahkan oleh penyair Amerika, Robert Bly, ke dalam bahasa Inggris. Karyanya juga diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain.

Buku-buku kumpulan puisinya antara lain The Great Enigma: New Collected Poems (New Directions, 2006), The Half-Finished Heaven (2001); New Collected Poems (1997); For the Living and the Dead (1995); Baltics (1975); dan Windows and Stones (1972).

Perdana Menteri Swedia Fredrik Reinfeldt menyambut gembira terpilihnya Transtroemer dengan mengatakan minat baca diharapkan meningkat di negerinya. “Saya gembira dan bangga…. Saya tahu bahwa telah lama banyak orang berharap untuk ini,” katanya.

Transtroemer, orang Swedia ketujuh yang meraih hadiah bergengsi itu, akan menerima hadiah senilai 10 juta kronor Swedia (1,48 juta dollar AS atau 1,08 juta euro) pada acara penyerahan di Stockholm pada 10 Desember.

Sumber : ANT (7 Oktober 2011)
Dijumput dari: http://oase.kompas.com/read/2011/10/07/01180353/Penyair.Transtroemer.Raih.Nobel.Sastra.2011