Deni Fajar, Peraih Rancage untuk Sastra Sunda

Anwar Siswadi
www.tempo.co 04 Juni 2013

Yayasan Kebudayaan Rancage menyerahkan hadiah ke para pemenang Sastra Rancage dan Samsudi. Tiap pemenang mendapat hadiah piagam dan uang Rp 5 juta. Acara penyerahan hadiah di aula Universitas Padjadjaran, Bandung, Selasa, 4 Juni 2013, itu berlangsung dari pukul 9 pagi.

Karya sastra yang dinilai khusus berbentuk buku dan berbahasa daerah. Penghargaan tahun ini untuk karya-karya sastra baru sepanjang 2012 berbahasa Sunda, Jawa, dan Bali. Sebab, menurut panitia, hanya di ketiga daerah pengguna bahasa tersebut yang cukup banyak melahirkan karya sastra setiap tahun.

Pemenang karya sastra dalam bahasa Sunda adalah buku kumpulan sajak berjudul Lagu Padungdung karangan Deni A. Fajar. Buku yang bentuk dan bahasanya dinilai sangat sederhana dengan tema kematian dan kritik sosial dibalut humor itu mengungguli 37 buku sastra Sunda lainnya. Adapun anugerah jasa sastra Sunda diberikan Rancage kepada budayawan sekaligus Rektor Universitas Padjadjaran, Ganjar Kurnia. “Semua pemenang hadir di Bandung,” kata pengurus Yayasan Rancage Hawe Setiawan, Selasa, 4 Juni 2013.

Buku sastra terbaik berbahasa Jawa berupa kumpulan cerita pendek berjudul Pratisara karangan Krishna Mihardja. Tokoh ceritanya yang memakai orang-orang desa untuk menyampaikan kritik seputar kekuasaan dan masalah perempuan itu menyisihkan 28 buku lainnya. Rancage juga memberikan anugerah jasa sastra Jawa untuk J.F.X. Hoery, pengarang yang tinggal di Bojonegoro, Jawa Timur.

Sastra Bali yang masih menggeliat punya sembilan judul buku baru. Penulis Nyoman Manda yang dua karyanya masuk penilaian minta agar disisihkan karena sudah tiga kali meraih Hadiah Rancage pada 1998, 2003, dan 2008.

“Beliau (Nyoman Manda) memberikan kesempatan kepada yang muda-muda,” ujar Ketua Dewan Pembina sekaligus salah seorang pendiri Yayasan Rancage, Ajip Rosidi. Hadiah lalu diberikan kepada I Made Sugianto atas karya roman pendeknya yang berjudul Sentana. Adapun anugerah jasa sastra Bali dinobatkan untuk I Nyoman Suprapta.

Selain itu, Rancage memberikan Hadiah Samsudi bagi para pengarang buku anak berbahasa Sunda. Kali ini penghargaan diberikan kepada Elin Samsuri lewat bukunya, Dongeng Aki Guru.

Selain penyerahan hadiah, ikut meluncur sebuah buku berjudul Seperempat Abad Hadiah Sastra Rancage. Buku itu berisi tulisan pendapat dan kritik dari sejumlah sastrawan dan seniman, seperti Godi Suwarna, Eddy D. Iskandar, Sri Widati, dan I Nyoman Darma Putra. Buku setebal 233 halaman itu dibagikan gratis ke para hadirin.

Dijumput dari: http://www.tempo.co/read/news/2013/06/04/114485651/Deni-Fajar-Peraih-Rancage-untuk-Sastra-Sunda