HUT ke-80 Guru Besar Prof. Dr. Rachmat Djoko Pradopo

Dirayakan dengan Seminar Sastra
kagama.co 4/11/2017

Sivitas dan akademika Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM) merayakan ulang tahun ke-80 Guru Besar Sastra Indonesia FIB UGM Prof. Dr. Rachmat Djoko Pradopo, Jumat (3/11/2017) di Auditorium R. Soegondo FIB UGM, Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta.

Sejumlah kolega, akademisi, alumni, keluarga, dan mahasiswa turut memeriahkan acara dengan baca puisi dan testimoni. Salah satu alumnus FIB UGM yang juga aktor teater dan film, Landung Rusyanto Simatupang membacakan dua puisi karya Rachmat Djoko Pradopo. Sedangkan kolega dan akademisi yang menyampaikan testimoni antara lain Prof. Dr. Siti Chamamah Soeratno.

Rachmat Djoko Pradopo yang juga akrab diinisial namanya sebagai RDP melalui Yayasan Sastra Yogyakarta (YASAYO) juga memberikan penghargaan kepada Dr. Aprinus Salam, M. Hum., dosen FIB UGM yang juga Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM serta dua mahasiswa Prodi Sastra Indonesia FIB UGM yang berprestasi melalui penerbitan karyanya. Aprinus Salam dinilai memiliki konsistensi dalam pengembangan keilmuan sastra, khususnya bidang analisis dan kritik.

Acara perayaan ulang tahun dilengkapi dengan pemotongan tumpeng oleh Prof. Dr. Rachmat Djoko Pradopo didampingi istri, Dra. Sri Widati dan diberikan kepada Dr. Aprinus Salam, M. Hum. serta Andre Wijaya, mahasiswa Prodi Sastra Indonesia FIB UGM mewakili generasi “kids zaman now”.

Panitia penyelenggara Dr. Pujiharto, M. Hum. dalam sambutannya menyampaikan, perayaan HUT ke-80 Prof. Dr. Rachmat Djoko Pradopo juga dilengkapi kegiatan ilmiah, berupa Seminar Sastra 2017 “Mencari Formula Baru Kritik Sastra Indonesia” pada 3 dan 4 November 2017 di Auditorium R. Soegondo FIB UGM. Pembicara seminar sastra, antara lain Guru Besar FIB UGM Prof. Dr. Faruk Tripoli, Guru Besar FBS Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Suminto A Sayuti, Prof. Manuaba dari Universitas Airlangga, dan Dr. Manneke Budiman dari Universitas Indonesia. [rts]

http://kagama.co/hut-ke-80-guru-besar-prof-dr-rachmat-djoko-pradopo-dirayakan-dengan-seminar-sastra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*